FEEDER STKIP PGRI Sumbar

August 12, 2015 in Umum

Berdasarkan surat edaran DIKTI nomor 0543/E1.2/PL/2015 tanggal 30 Januari 2015 tentang kewajiban pelaporan data bagi semua Perguruan Tinggi di Indonesia dengan menggunakan PD DIKTI Feeder dalam rangka meningkatkan mutu pelaporan dan terjadinya perubahan aplikasi pelaporan akademik.
Tim ICT BAAK STKIP PGRI Sumbar di bawah arahan kepala BAAK Zul Amri, SE telah berhasil mengembangkan pelaporan akademik ke Feeder via web service . Aplikasi Feeder PD Dikti ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data Mahasiswa dan data Perkuliahan masing-masing Perguruan tinggi. Berikut penjelasan sedikit tentang PD DIKTI FEEDER :

1. Sistem aplikasi Feeder PD DIKTI.
Aplikasi feeder ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data Mahasiswa dan data Perkuliahan masing-masing Perguruan Tinggi. Di mana aplikasi ini dikelola sendiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang kemudian dapat ditampilkan juga pada aplikasi Forlap.
2. Web service. Pada web service hubungan antara client dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antara client dan server dihubungkan oleh file web service dalam format tertentu. Sehingga akses terhadap database akan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service. Peran dari web service ini akan mempermudah distribusi sekaligus integrasi database yang tersebar di beberapa server sekaligus.
3. Aplikasi Sinkronisasi. Aplikasi ini digunakan saat dilakukan proses sinkronisasi data antara data yang ada pada aplikasi Feeder dengan yang ada di aplikasi Forlap DIKTI. Misalkan saat proses sinkronisasi ini data dosen yang ada di Aplikasi Feeder disinkronisasikan dengan data dosen yang ada di DIKTI. Sehingga data dosen yang ada di Aplikasi Feeder akan sama dengan data dosen yang dimiliki DIKTI.

Untuk saat ini aplikasi FEEDER merupakan metode baru dan masih banyak operator kampus membutuhkan pelatihan aplikasi FEEDER tentang tuororial FEEDER DIKTI ini demi tercapainya standar dan tujuan diterapkannya sistem FEEDER yang bukan hanya di Sumatera Barat tetapi setiap instansi perguruan tinggi nasional.

Dengan begitu diharapkan ke depannya point-point sbb
1. Memahami manajemen tata kelolah sistem di perguruan tinggi
2. Memahami mekanisme pelaporan ke DIKTI
3. Memahami cara installasi & prefill serta fitur pada PD DIKTI Feeder
4. Membangun SDM perguruan tinggi agar mampu mengoperasikan aplikasi pelaporan secara optimal.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>